Erfi Ilyas : Sang Pahlawan Keluarga

Anak Petani Yang Menjadi Pahlawan Keluarganya

 

Sosok pahlawan bagi keluarganya ini terlahir dengan nama Erfi Ilyas pada tanggal 24 Juli 1961 di Kota Padang Panjang. Mengapa beliau disebut sebagai pahlawan keluarga? Karena beliau sudah berhasil mengangkat nama keluarga dan kehidupannya ke level yang lebih tinggi lagi.

Terlahir sebagai anak miskin di Kota Pandang Panjang dari ayah dan ibu yang bekerja sebagai petani tidak membuat beliau menyerah dengan keadaan. Meskipun keluarganya termasuk golongan keluarga yang miskin namun menurut beliau pendidikan adalah segalanya. Meskipun keluarganya hanya mampu menyekolahkan beliau hingga Sekolah Menengah Umum (sekarang SMA), beliau tetap melanjutkan pendidikannya hingga bangku kuliah dengan biaya sendiri. Selain membiayai kuliahnya sendiri dengan menjadi asisten pelatih karate di kampus, beliau juga dibantu dengan mendapatkan beasiswa, karena beliau termasuk kepada golongan orang-orang yang cerdas.

Lulus dari IKIP Padang (sekarang UNP) dari jurusan pendidikan teknik elektro pada tahun 1983 dengan gelar Drs. Erfi Ilyas atau setara dengan S1 sekarang. Beliau mulai bekerja di PPPGT (Pusat Pengembangan dan Pelatihan Guru Teknologi) Bandung atau lebih dikenal dengan sebutan TEDC (Technical Education Centre) pa da tahun 1986. Dalam jangka waktu 10 tahun tepatnya pada tahun 1996 beliau menjadi orang termuda yang menduduki jabatan kepala instalasi listrik di PPPGT Bandung.

Sekarang di usianya yang menginjak usia 50 tahun, beliau sudah memiliki gelar S2 (Magister Manajemen) dan sedang menyelesaikan program Doktor di Universitas Katolik Parahyangan. Beliau juga sudah memiliki seorang istri bernama Rohanah yang telah dinikahinya pada tahun 1988 dan sudah memberikannya 3 orang anak laki-laki. Beliau saat ini masih bekerja sebagai dosen dan staf khusus di PPPGT Bandung. Selain kegiatan mengajar dan bekerja di kantor beliau juga adalah seorang konsultan ISO (International Standard Organization). Beliau seringkali memberikan pelatihan atau workshop untuk lembaga, perusahaan, maupun instansi pemerintahan di seluruh Indonesia yang ingin mendapatkan sertifikat ISO.

Dari beberapa pekerjaan yang dilakukannya, saat ini beliau sudah berhasil mengangkat martabat keluarganya juga kesejahteraan keluarganya menjadi lebih baik. Seorang anak petani dari Padang Panjang kini sudah menjadi seorang yang berhasil. Terbukti dengan kehidupannya yang sejahtera bersama keluarganya di Kota Cimahi.

Karena dedikasi beliau yang sangat tinggi terhadap pekerjaan dan kontribusinya terhadapa bidang pendidikan beliau sudah mengunjungi seluruh wilayah provinsi di Indonesia. Bahkan beberapa Negara di Asia, Eropa dan Benua Australia untuk belajar dan berbagi ilmunya kepada lembaga, perusahaan maupun . instansi pemerintahan di daerah yang beliau kunjungi.

Beliau adalah tipe orang yang sangat mencintai keluarganya. Sang Pahlawan Keluarga yang ber-zodiak  Leo ini memang memiliki karakter yang keras. Mtentu saja berdoa dan menurut beliau beberapa kunci kesuksesan itu adalah disiplin, integritas, kerja keras, pengetahuan dan tentu saja berdoa dan tawakal kepada Allah SWT. Salah satu bentuk cintanya kepada keluarga adalah dengan membantu keluarga yang membutuhkan baik materi, moril, maupun ilmu pengetahuan yang beliau miliki. Beliau akan sangat senang apabila bisa membantu keluarga yang sedang kesusahan. Beliau memiliki prinsip dalam urusan keluarga. “Ketika anda menikahi seorang wanita, maka dari itu anda juga harus ‘menikahi’ keluarganya” maksud dari ‘menikahi’ keluarganya disini adalah bahwa menganggap dan mengakui keluarga istri kita sebagai keluarga kandung kita sendiri.

Itu yang beliau buktikan pada usia pernikahan beliau dengan istrinya yang sudah menginjak 23 tahun. Beliau adalah Sang Pahlawan Keluarga bagi istri, anak-anak dan keluarganya.

About ujiilyas

an ordinary man in an extraordinary world
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s